JENIS
METODE HARGA PENJUALAN POKOK (METODE HPP)
Jenis Metode Harga
Penjualan Pokok (Metode HPP) bisa Anda lakukan dalam penggunaan SID
Retail Pro / Software
Minimarket yang berguna bagi Anda untuk menentukan harga barang
dengan metode penjualan ketika saat ada perubahan harga baru pada
barang, yaitu ketika harga barang berubah saat pembelian barang pada
periode berikutnya.
Contohnya
pada beberapa bulan yang lalu minimarket/toko Anda membeli barang produk rokok Malboro Light dengan harga Rp.180.000/pack, ketika barang rokok Malboro Light sudah hampir habis secara otomatis Anda akan menambah stok untuk persedian rokok Malboro Light, namun pada saat ini hargan rokok Malboro Light sudah naik menjadi Rp.200.000/pack. maka pada penggunaan SID Retail Pro / Software Minimarket Anda bisa menentukan pilihan Harga Penjualan Pokok (HPP) barang rokok Malboro Light tersebut berdasarkan dengan harga penjualan LIFO atau Average. Apasih Metode HPP LIFO dan Average?
pada beberapa bulan yang lalu minimarket/toko Anda membeli barang produk rokok Malboro Light dengan harga Rp.180.000/pack, ketika barang rokok Malboro Light sudah hampir habis secara otomatis Anda akan menambah stok untuk persedian rokok Malboro Light, namun pada saat ini hargan rokok Malboro Light sudah naik menjadi Rp.200.000/pack. maka pada penggunaan SID Retail Pro / Software Minimarket Anda bisa menentukan pilihan Harga Penjualan Pokok (HPP) barang rokok Malboro Light tersebut berdasarkan dengan harga penjualan LIFO atau Average. Apasih Metode HPP LIFO dan Average?
Pengertian Metode HPP (Harga Penjualan Pokok)
Metode Harga Pokok
Penjualan atau HPP adalah
istilah yang digunakan pada akuntansi
keuangan dan pajak untuk menggambarkan biaya langsung yang
timbul dari barang yang diproduksi dan dijual dalam kegiatan bisnis. Ini
termasuk biaya bahan baku, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead dan tidak
termasuk periode (operasi) biaya seperti penjualan, iklan atau riset dan
pengembangan.
HPP muncul pada laporan laba rugi sebagai komponen utama dari
biaya operasi. HPP juga disebut sebagai biaya penjualan.
dalam Software Minimarket/Software Toko ada dua Jenis pilihan
penentuan harga yaituLIFO dan AVERAGE.
LIFO merupakan
singkatan dari Last in
first out atau dalam bahasa Indonesia, Terakhir masuk pertama keluar yang
berarti bahwa persediaan yang terakhir masuk adalah harga barang yang pertama
kali dicatat sebagai harga barang yang dijual.
AVERAGE merupakan penentuan
harga penjualan pokok dari harga barang yang terdahulu kemudian dijumlahkan
dengan harga penjualan barang terbaru setelah itu dibagi dua.
Menu Metode HPP (Harga
Penjualan Pokok) berguna untuk Anda yang menginginkan penjualan
harga barang berdasarkan metode HPP (Harga Penjualan Pokok) LIFO atau AVERAGE
dalam penggunaan Software Minimarket/Software Toko
Berikut Penggunaan Menu
Metode HPP (Harga Penjualan Pokok) dalam SID Retail Pro / Software Minimarket:
Masuk ke Menu Back
Office > klik Lainnya > klik Metode HPP
Kemudian akan keluar gambar seperti di bawah ini, aktivkan Otomatis
Update Harga Modal dimaster barang saat pembelian.
terdapat dua pilihan LIFO dan Average
Pilih LIFO
jika Anda ingin membuat
harga modal/beli barang menjadi harga
barang yang terakhir dibeli pada supplier/agen/distributor sebagai
harga modal/beli suatu barang
Pilih Average
jika Anda ingin membuat
harga modal/beli barang menjadi harga
barang rata-rata dari pembelian barang sebelumnya dengan terakhir pada
supplier/agen/distributor sebagai harga modal/beli suatu
barang
Demikianlah cara setting Metode HPP Pada sid retail pro,semoga tutorial ini bisa bermanfaat,kalau anda masih ragu dengan penjelasan kami diatas anda bisa melihat video berikut ini:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar